Jerawat - Artikel   
SHARING

Pengurusan Surat Tanah
Sumber: ibu ibu DI

Tanya
Mertuaku punya sebidang tanah, aku & suami disuruh ngurusin surat˛nya, surat yang ada sekarang bentuknya Akta Jual Beli masih atas nama orang yang jual, rencananya aku & suami mau proses balik nama aja menjadi nama mertua, tapi aku pikir apa tidak lebih baik sekalian ditingkatkan aja menjadi Sertifikat ? Nah yang mau aku tanyain katanya kalau ngurusin sertifikat tanah harus keluar uang banyak karena harus ngasih sekian banyak orang˛ di kantor agraria, apa bener begitu moms ?, kira˛ berkisar berapa ?. apakah cukup balik nama aja atau lebih baik langsung dibkin sertifikatnya ?!, lokasi tanahnya di Bogor, barangkali ada moms yang tau aku harus ngurus ke kantor yang dimana dan di jalan apa ?. (Vi)
 
Jawab
Pengalaman-ku sekitar 3 tahun lalu, aku mau urusin sertifikat, balik nama dan langsung dari HGB jadil SHM, waktu itu Notaris minta harga 750 ribu, jadi aku putusin urusin sendiri di BPN di Depok, cuma habis 80 ribu, biaya resmi 60 ribu, sisanya buat kasih TIP. Aku datang sendiri, bawa dokumen dari satu loket ke loket lain, ada 3 loket kalau gak salah, habis waktu sekitar 2 jam-an. terus dokument ditinggal, selesai 2 minggu kemudian pas selesai tinggal ambil, tunggu 20 menitan. beres deh.

Untuk pengurusan sertifikat˛ tanah dilakukan di kantor BPN (Badan Pertanahan Nasional). Disana ada loket˛, misalnya balik nama, peningkatan hak dsb. yang dalam prosesnya sendiri, satu loket diselesaiin dulu baru ke loket lainnya. Untuk peningkatan hak, biaya pada setiap lokasi bisa beda, karena setauku, untuk wilayah Bekasi per akhir 2002 biaya peningkatan hak milik sekitar 1 jutaan , sementara diwilayah lainnya ada yang masih 300-500 ribuan. Untuk lebih mudahnya mbak bisa urus melalui Kantor Notaris/PPAT wilayah dimana lokasi tanah tersebut berada. Tentang biayanya mbak mungkin bisa tanya atau dateng ke BPN dulu untuk tau biaya resminya baru kemudian tanya ke notaris (bisa telp. atau dateng langsung) lebih bagus kalau notarisnya udah kenal, karena biasanya biaya yang ditambahkan sebagai biaya pengurusannya, jadi bisa compare mana yang lebih efisien, urus sendiri ke BPN atau melalui Notaris.  Moga˛ cukup bantu ya mbak infonya.



2003-07-21 11:32:29

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org