Jerawat - Artikel   
SHARING

Kamar Orang Tua
Sumber: ibu ibu DI

Tanya
Ibu - ibu , Ada yang pengen aku tanya nih. Waktu di bogor dulu, walaupun anakku punya kamar sendiri, tapi kalau tidur mereka masih gabung sama aku dan suami. Jadi BS mereka biasa saja masuk kamar kami, tentu untuk mengurus anak-anak. Nah sekarang di tomang, anak-anak betul - betul punya kamar sendiri, artinya mereka juga tidur sendiri di kamar itu dan tidak ada keperluan sebetulnya untuk masuk2
ke kamar kami, kecuali ingin manja - manjaan. Ibuku mengingatkan, menurut ibuku, tidak pantas BS or prt slanang slonong ke kamar kami, itu bukan wilayah mereka. Memang ada betulnya sih. cuma karena sudah kebiasaan, kalau pas anak-anak ada di kamarku, BS ya enak saja masuk, lagi-lagi memang ada urusannya sama anak. Aku mau bilang  bahwa dia harusnya mengetuk dan ngomong saja perlunya apa, tidak perlu masuk, nanti anaknya yang aku suruh keluar atau aku yang akan mengerjakan untuk anak-anak , tapi kok tidak tega. Kesannya terlalu feodal gitu. Aku sih secara tersamar sudah bilang kepada anak -anak bahwa sekarang kamar kita terpisah, jadi anak-anak harus mengetuk dan minta ijjin sebelum masuk (malah anakku bilang: mama harus dengar suara saya sebelum membuka pintu, jika tidak orang asing akan datang dan masuk kekamar mu- hahaha), aku juga sebaliknya berlaku begitu, mengetuk dan minta injin dulu sebelum masuk. Harapanku si BS juga mengerti, cuma ya kayaknya belum nyambung tuh. Memang sih dia tidak terlalu sering keluar masuk kamarku, setidaknya belum lah, karena memang anak-anak aku usahakan di kamar mereka terus, kecuali sudah malam, saat semua sudah beres, jadi anak-anak tidak perlu BS lagi.

Nah aku ingin tahu pandangan ibu - ibu terhadap masalah ini. Menurut ibu - ibu apa ya kamar kita itu area terlarang untuk para asisten ? Atau ya boleh-boleh saja lah kalau memang mereka ada perlu sama anak-anak? Kalau aku sendiri sih, selama tidak terlalu sering, cuma sesekali karena ada urusan sama anak-anakx yah tidak papa, juga selama suamiku tidak ada di dalam kamar. Mohon masukkan ya, terima kasih [sla]

Jawab
Memang seharusnya begitu kalau tidak penting sekali tidak usah ke kamar kita. Kalau terpaksa, bisa saja, tapi tata krama harus diperhatikan. Ketuk pintu, tunggu sampai kita jawab, atau kita keluar. Aku sendiri kadang-kadang malah suka minta tolong pembantuku bersih-bersih kamarku (nyapu dan ngepel doang), tapi ya aku tungguin, sudah itu ya mereka tidak dekat-dekat kamarku lagi sampai aku panggil atau mereka ada perlu yang penting. Intinya gini, kamar kita, kamar anak-anak, kamar siapa saja kan merupakan wilayah pribadi. Ya sudah sepantasnya kalau kita mau masuk ke wilayah pribadi orang lain pakai permisi dulu. Kita saja kalau mau masuk ke kamar anak-anak ketok pintu dulu. Apalagi BS atau prt yang notabene orang lain. Ya kalau awal2nya mereka sudah merasa biasa main asal masuk saja, sekalipun untuk urusan anak-anak, tidak ada salahnya sekarang mereka diingatkan terus bahwa sekarang ada peraturan baru. Bukan masalah feodal atau tidak feodal, tapi masalah tata krama. [ik]

Kalau menurut aku sih sekarang kan semua sudah ada kamar masing-masing, jadi seminim mungkin dihindari BS or pembantu masuk ke kamar kamu. Bilang saja sama mereka, "tolong sekarang kalau mau masuk kamar saya, mesti ketok pintu dulu dan tunggu pintunya dibuka dari dalam, karena saya lagi mengajarkan anak - anak tentang itu." Anakku saja yang sekamar sama aku, BS or pembantuku tidak masuk-masuk ke kamarku selagi aku ada kok. Paling kalau nemenin anakku tidur siang saja, itupun kalau aku tidak ada di rumah. [San]

terima kasih masukkannya, ya Kalau mengetuk sih iya, mereka pasti mengetuk dulu tidak pernah main masuk begitu saja. Cuma biasanya setelah aku jawab ya, atau aku bukakan pintu ya mereka masuk, misalnya mau memberi anakku minum air putih, atau mau mengelap mulut anakku. Aku mau bilang : stop di situ saja, biar saya yang bawa masuk, duh tidak tega, habis dulunya tidak begitu. Atau kalau kamarku lagi terbuka dan anak-anak ada di situ, lalu BSmau menyuruh anak-anak mandi, ya dia masuk saja sambil mengajak anak-anakku mandi. Ini juga sama, mau bilang : sekarang kamu jangan masuk-masuk kamar saya lagi, kalau anak-anak ada di dalam, panggil saja keluar atau minta tolong saya saja wah rasanya tidak tega. Takutnya mereka salah tangkap dan mikir : wah ibu sok ya sekarang, mentang2 kamarnya sekarang bagus, tinggal di rumah bagus, jadi sombong, masuk kamarnya mau lihat anak-anak saja tidak boleh. Kalau cuma mbatin gitu sih mending, tapi kalau terus jadi cuek sama anak-anak, jadi berjarak sama anak-anak, padahal dulu2 kesannya aku tidak begitu. Repot ya, memang harusnya sih dibiasakan dari dulu, tapi masalahnya dulu itu anak-anak tidurnya di kamarku, bahkan kalau ada yang sakit dan harus makan di kamar ya masuklah si BS menyuapi di kamarku. [Sla]

Mungkin lemari dan keperluan anakmu juga ada di kamarmu ya ? Kalau anak-anakku kan dari dulu punya kamar sendiri, cuma tidurnya sama aku, jadi malampun kadang BS mampir ke kamarku utk nyiapin pampers (dulu), baju ganti, bedongan krn semuanya itu adanya di kamar anak-
anak.

Memang sih sekarang ini, kalau aku kerja kamarku dikunci, jadi even anak-anakx pun gak usah ke kamarku. Dan malampun aku akan bilang si BS untuk isntirahat dan biarin aku aja yang urus anak-anakx, shg si BS bias istirahat dan gak perlu mikir apa ya yang kurang, yang masih aku perlu siapin, juga sbg signal halus untuk 'ngusir' dia jangan deket-dekatkami, Hehehe....pengennya kalu malam ya cuma kami dan anak-anak aja, makanya di kamar BS aku siapin tv, supaya untuk nonton aja gak perlu bareng-bareng sama kami.

Mungkin lebih jitu cara begini, daripada terang-terangan bilang : sekarang masuk kamar saya kalau betul-betul perlu, atau kalau saya ijinin, ya itu takut saja menyinggung perasaan dia. Ntar malam aja aku mau ajak anak-anakx pergi makan malam sama temenlamaku yang datang dari Medan, si BS gak aku ajak hehehe..enakan berempat ajah. (Stl)


2005-01-14 00:09:52

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Obat Panu

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org